Ada Virus Corona, Proyek Pembangkit EBT Jalan Terus

Saran Membersihkan Tangan yang Tepat dari Dokter
March 13, 2020
PGN targetkan bangun jargas 700 ribu sambungan rumah
March 13, 2020

Ada Virus Corona, Proyek Pembangkit EBT Jalan Terus

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian ESDM memastikan proyek pembangkit energi baru terbarukan (EBT) akan terus berjalan kendati ada risiko dari wabah virus corona (Covid-19) yang melanda di sejumlah negara.

Direktur Aneka Energi Ditjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Harris mengatakan investasi EBT bersifat jangka panjang sehingga adanya virus corona tidak berdampak pada keberlangsungan proyek pembangkit maupun rencana investasi.

“Efek corona ini saya lihat yang jangka pendek, kalau investasi EBT kan jangka panjang,” ujarnya, Senin (9/3/2020).

Kementerian tetap optimistis untuk mencapai target investasi di sektor EBT senilai US$17 miliar hingga 2025. Adapun, pada tahun ini ditargetkan perolehan investasi EBT mencapai US$2 miliar.

Pihaknya akan terus memantau progres setiap proyek EBT dan rencana investasi, sehingga tidak ada yang molor dari target semula.

“Kami melakukan upaya untuk memonitor potensi keterlambatan itu ada apa enggak dan misalkan ada, kami akan lihat permasalahannya apa untuk bisa diselesaikan secara bersama-sama,” katanya.

Untuk menarik minat investasi di sektor EBT, pemerintah tengah berupaya untuk mempermudah regulasi untuk menarik investor.

Hingga kini potensi EBT yang baru tergarap baru sebesar 2,3 persen atau 10,1 GigaWatt (GW) dari total potensi sebanyak 439 GW. Selain itu, porsi EBT dalam bauran energi primer untuk pembangkit listrik baru mencapai 12,36 persen, padahal pemerintah menargetkan target bauran EBT dalam energi primer pada 2025 mencapai 23 persen.

 

Sumber: https://ekonomi.bisnis.com/read/20200310/44/1211179/ada-virus-corona-proyek-pembangkit-ebt-jalan-terus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *