Pertamina Hulu Rokan Gandeng Transportasi Gas Indonesia Angkut Gas Bumi Blok Corridor

Kemenperin Bidik Perluasan Pemberian Gas Murah Industri Tahun ini
September 7, 2021
Transisi Mulus, Pengalihan Blok Rokan ke PHR Jadi Role Model
September 7, 2021

Pertamina Hulu Rokan Gandeng Transportasi Gas Indonesia Angkut Gas Bumi Blok Corridor

Pertamina Hulu Rokan Gandeng Transportasi Gas Indonesia Angkut Gas Bumi Blok Corridor

Liputan6.com, Jakarta – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menandatangani Perjanjian Pengangkutan Gas Bumi (PPG) dengan PT Transportasi Gas Indonesia (TGI).

Dengan perjanjian ini, Transportasi Gas Indonesia akan memberikan jasa pengangkutan gas melalui pipa transmisi kepada Pertamina Hulu Rokan selaku operator Wilayah Kerja (WK) Rokan terhitung mulai 9 Agustus 2021. Gas bumi yang akan diangkut adalah sebesar 170 MMscfd yang bersumber dari WK Corridor yang dikelola oleh ConocoPhillips dan WK Jambi Merang yang dikelola oleh PHE Jambi Merang di Sumatera Selatan. Kerja sama ini merupakan kontribusi nyata Transportasi Gas Indonesia untuk mendukung program produksi minyak pemerintah dalam rangka ketahanan energi nasional.

Sebelumnya TGI juga telah memberikan jasa pengangkutan gas untuk WK Rokan sejak TGI berdiri pada 2002. Direktur Utama Pertamina Hulu Rokan Jaffee Arizon Suardin menjelaskan, penandatanganan PPG ini dilakukan untuk memastikan pengangkutan gas untuk WK Rokan dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan operasional. ―Kami ingin TGI sebagai mitra kerja PHR selalu mengutamakan HSSE. Terlebih lagi dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, kami mengharapkan usaha ekstra dari TGI, karena keselamatan setiap individu sangat berharga,‖ ujar Jaffee dalam keterangan tertulis, Jumat (6/8/2021).

Grup PGN Direktur Utama TGI, Gamal Imam Santoso, menyampaikan perusahaan merupakan bagian dari grup PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) yang juga merupakan Subholding Gas Pertamina. TGI didirikan pada 2002 dengan pemegang saham saat ini terdiri dari PGN dan Transasia Pipeline Company Pvt. Ltd. selaku strategic partners. ―TGI memiliki dan mengoperasikan 2 ruas pipa transmisi 28‖ yaitu Grissik-Duri sepanjang 536 KM dan Grissik-Batas Negara Singapura sepanjang 468 KM, dengan Hak Khusus Pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa yang telah diperpanjang oleh BPH Migas untuk kedua ruas pipa tersebut,‖ terang Gamal.

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4626152/pertamina-hulu-rokan-gandeng-transportasi-gas-indonesia-angkut-gas-bumi-blok-corridor


Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/iapm2572/public_html/wp-content/themes/DOT/includes/content-single.php on line 285
Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *