Pengembangan POD Lapangan Tanjung Enim Disetujui, Cadangan Gas Bertambah 130,91 BCFD

Harga Gas Kompetitif, Sektor Industri Semakin Ekspansif
July 29, 2021
Serikat Pekerja PLN Tolak Rencana IPO Lewat Holding
August 12, 2021

Pengembangan POD Lapangan Tanjung Enim Disetujui, Cadangan Gas Bertambah 130,91 BCFD

Pengembangan POD Lapangan Tanjung Enim Disetujui, Cadangan Gas Bertambah 130,91 BCFD

Jakarta: Pemerintah menyetujui rencana pengembangan lapangan (Plan of Development/POD) pertama Lapangan Tanjung Enim Area A&B Wilayah Kerja Gas Metana Batu bara (WK GMB) Tanjung Enim yang dikelola oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Dart Energy (Tanjung Enim) Pte Ltd. Persetujuan tersebut memberikan tambahan cadangan gas terbukti Indonesia sebesar 130,91 miliar standar kaki kubik (BSCF).

“Persetujuan POD I WK GMB Tanjung Enim ini menunjukkan Indonesia memiliki potensi unconventional hydrocarbon yang dapat dikembangkan.  Kami berharap, ke depan cadangan-cadangan GMB lain agar dapat diproduksikan untuk mendukung capaian produksi jangka panjang hulu migas,” kata Pelaksana Tugas Deputi Perencanaan SKK Migas Julius Wiratno dalam keterangan resmi, Selasa, 27 Juli 2021.

Julius mengatakan komitmen program yang akan dilaksanakan oleh KKKS Dart Energy (Tanjung Enim) Pte Ltd. meliputi pekerjaan pengeboran 209 sumur pengembangan untuk dua area produksi A dan B, pembangunan sejumlah wellhead cluster, pembangunan jaringan pipa cluster lines, pembangunan stasiun pengumpul, dan pembangunan Stasiun Pemrosesan atau Central Processing Facilities (CPF).

“SKK Migas mendorong Dart Energy untuk segera merealisasikan kegiatan-kegiatan tersebut sehingga jadwal onstream pada 2022 dapat terlaksana secara tepat waktu. SKK Migas siap mengawal dan membantu apabila ditemukan kendala-kendala teknis maupun sosial yang terjadi di lapangan,” ujar Julius.

Hasil produksi gas dari Lapangan Tanjung Enim Area A&B akan digunakan untuk mendukung ketersediaan pasokan gas di wilayah Sumatra Selatan, antara lain dapat digunakan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka penyediaan gas bumi untuk rumah tangga (city gas) dan bahan bakar gas untuk transportasi jalan.

Lapangan Tanjung Enim Area A&B diperkirakan mencapai laju produksi gas puncak sebesar 25 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) pada 2024. Sedangkan untuk perkiraan produksi, lapangan ini diperkirakan dapat berproduksi selama 18 tahun hingga 2039.

sumber: https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/9K5Q5XxK-pengembangan-pod-lapangan-tanjung-enim-disetujui-cadangan-gas-bertambah-130-91-bcfd


Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/iapm2572/public_html/wp-content/themes/DOT/includes/content-single.php on line 285
Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *