Sederet Tantangan dalam Membangun Infrastruktur Gas Versi Wamen ESDM

Pemerintah Minta Kontrak Jual Beli Gas Dievaluasi
September 26, 2018
Pertamina Sukses Lifting Perdana 60.000 Barel dari East Kalimantan
November 5, 2018

Sederet Tantangan dalam Membangun Infrastruktur Gas Versi Wamen ESDM

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, mengungkapkan, salah satu tantangan pembangunan infrastruktur gas adalah ketidakpastian permintaan.

“Apa tantangan infrastruktur gas di Indonesia? Menurut saya, ketidakpastian permintaan dan infrastruktur. Permintaannya berapa? Tidak bisa ditebak, siapa yang bisa jamin permintaan dalam 20 tahun ke depan,” ungkap Arcandra saat acara IndoPipe 2018 Conference & Exhibition, di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (25/9).

Arcandra kemudian menuturkan, untuk mengembangkan industri gas nasional diperlukan pembangunan infrastruktur. Namun, pembangunan infrastruktur gas diakui merupakan tantangan terkait kondisi geografis negara ini.

Ia mengatakan, gas sebagai komoditas berbeda penanganannya dengan minyak yang bisa ditransaksikan secara lebih fleksibel.

“Beda dengan minyak, mau seperti apapun pengembangan gas tanpa infrastruktur apa bisa? Saya rasa tidak. Kita mau impor gas silakan, tapi bagaimana? Kita akan ekspor gas silakan, tapi bagaimana? Ini dijawab dengan infrastruktur,” ujarnya

Lebih lanjut, Arcandra mengungkapkan bahwa tantangan lain dalam pembangunan infrastruktur gas adalah kesediaan untuk membayar (willingness to pay) jika terjadi perubahan harga di pasar.

“PR (pekerjaan rumah) kami kaji apa price review menguntungkan atau tidak atau malah bikin ruwet. Price review saat harga rendah kontrak tinggi minta review dan sebaliknya. Bagaimana kalau harga naik dan turun sudah ada di kontrak klausulnya bukan lagi willingness review the price, tapi sudah ada risk management, lalu buat good agreement cover semua kondisi,” kata Arcandra.

Selain dua tantangan tersebut, ada juga tantangan harga gas hulu yang masih cukup tinggi. Arcandra mengklaim, pemerintah akan berusaha menurunkan harga gas dengan menekan biaya investasi. Kemudian, ia pun mengatakan, tantangan lainnya adalah skema finansial dan pengembangan sumber daya manusia.

Sumber: http://m.jitunews.com/read/87103/sederet-tantangan-dalam-membangun-infrastruktur-gas-versi-wamen-esdm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *